Tiga Kiat Ampuh Mengatasi Ketakutan Bicara di Depan Umum

March 22, 2018 9:19 am | Oleh Dale Carnegie Editor
Dale Carnegie > Referensi > Tips > Tips Profesi > Tiga Kiat Ampuh Mengatasi Ketakutan Bicara di Depan Umum


Oleh: Gary Hadrian – Dale Carnegie Training Bandung

Survey yang dilakukan oleh Chapman University pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 25,9% orang Amerika merasa takut ketika diminta berbicara di depan umum. Yang mengejutkan, angka tersebut melebihi ketakutan terhadap hal-hal lain yang jelas lebih membahayakan, seperti banjir bandang, badai salju, dan lainnya. Bahkan ketakutan menjadi korban pembunuhan oleh orang-orang yang dikenal hanya berada di angka 17.5%
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga termasuk orang yang merasa takut saat diminta berbicara di depan umum?

Ada 3 tips praktis yang dapat Anda lakukan:

1. Kuasai materi secara mendalam
Seandainya Anda diminta untuk berbicara selama 15 menit, sebaiknya siapkan materi untuk 30 menit, bahkan jika memungkinkan untuk 45 menit. Browsing untuk mendapatkan informasi tambahan terkait topik bahasan merupakan salah satu cara yang sangat dianjurkan. Bahkan Anda pun dapat mempersiapkan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul terkait topik tersebut. Pemahaman lebih mendalam membuat Anda lebih percaya diri saat tampil dan terlihat berwawasan luas di mata audiens.

2. Berlatih sebelum tampil
Salah seorang tokoh yang hampir selalu tampil mengesankan saat berbicara di depan umum adalah almarhum Steve Jobs. Tahukah Anda bahwa beliau selalu berlatih berkali-kali sebelum tampil? Uniknya, beliau selalu berlatih di hadapan para petinggi Apple dan meminta masukan dari mereka. Oleh karena itu, sebelum Anda tampil, sebaiknya Anda juga berlatih dan meminta masukan minimal dari seorang teman yang cukup kritis, terutama untuk topik yang belum pernah anda bawakan sebelumnya. Disarankan untuk meminta masukan dari teman yang tidak terlalu paham tentang topik yang dibawakan. Seandainya teman anda tersebut paham, berarti cara anda menyampaikan sudah cukup efektif. Bahkan humor yang akan sampaikan sebaiknya dicoba dahulu dengan teman anda, untuk memastikan respons positif dari audiens.

3. Berkenalan dan berinteraksi dengan audiens sebelum tampil
Bayangkan Anda harus berbicara di depan orang-orang yang belum Anda kenal sama sekali. Pada kesempatan lain, Anda berbicara di depan orang-orang yang sudah Anda kenal. Mana yang lebih membuat Anda rileks? Saya yakin Anda akan jauh lebih tenang berbicara di hadapan orang-orang yang sudah Anda kenal. Maka, sebaiknya Anda datang lebih awal ke tempat acara untuk menyempatkan diri menyapa, berkenalan dan berbicara singkat dengan sebanyak mungkin calon pendengar Anda. Saat tiba waktunya Anda berbicara, Anda akan merasa berbicara di hadapan para sahabat.

Jika Anda melakukan 3 hal di atas secara konsisten, saya yakin ketakutan berbicara di depan umum akan berkurang secara bertahap dan akhirnya Anda bisa tampil tenang dan mengesankan.

Tentang Penulis

Gary Hadrian
Penulis adalah Senior Trainer berlisensi dari Dale Carnegie & Associates, Inc., yang sejak tahun 2009 berkarya di Dale Carnegie Bandung. Beliau juga adalah pengusaha bidang kuliner di Bandung.

Jakarta & Head Office

Jl. Paus No. 84 A
Jakarta Timur 13220
Phone: 021-489 2737
Fax: 021-489 6926


Send this to a friend
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
Hadir di Leadership series kota:
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
More in Tips Profesi
5 Jurus Jitu Anti Lembur

Seringkali kita merasa pekerjaan di kantor tidak ada habisnya, bahkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut kita perlu lembur. Pertanyaannya adalah: “Apakah...

Close