Tips untuk presentasi kelompok yang efektif

April 2, 2015 8:00 am | Oleh Robert R
Dale Carnegie > Referensi > Artikel > Blog > Tips untuk presentasi kelompok yang efektif

Banyak profesional bisnis  yang melakukan presentasi melakukannya juga dalam tim. Presentasi tim profesional melibatkan perencanaan menyeluruh, transisi, dan urutan logis dari bahan presentasi. Tujuan dari presentasi kelompok adalah untuk membuat pesan yang koheren dan profesional.

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat mengatur presentasi kelompok yang lebih baik.

  1. Pembukaan yang meyakinkan.
    Sebuah pembukaan yang meyakinkan melibatkan pendengar dan menetapkan  dasar untuk presentasi. Rencanakan pembukaan dengan hati-hati dan mulai dengan sebuah pernyataan, statistik, atau fakta.
  2. Perkenalan.
    Setelah pembukaan, secara singkat sampaikan struktur presentasi tim dan topik presentasi. Kemudian lanjutkan dengan perkenalan tim. Pemimpin tim dapat secara singkat memperkenalkan setiap anggota dan perannya dalam presentasi, atau setiap anggota dapat memperkenalkan diri mereka masing-masing.
  3. Pergantian.
    Jagalah agar presentasi Anda tetap jelas bagi pendengar Anda dengan merencanakan pergantian presenter selanjutnya. Ingatlah untuk menjaga presentasi mengalir. Jaga dan disiplinlah pada kerangka waktu dan berikan isyarat untuk pembicara berikutnya. Dengarkan presentasi anggota tim Anda sehingga Anda dapat mendengar petunjuk untuk melanjutkan presentasi.
  4. Faktor Visual.
    Saat melakukan presentasi sebagai sebuah kelompok, pesan visual yang kita kirimkan sebagai tim adalah penting. Setiap anggota tim bertanggung jawab atas citra tim secara keseluruhan. Anggota tim harus mewaspadai bahasa tubuh dan ekspresi wajah, saat sementara yang lain sedang melakukan presentasi.
  5. Sesi Tanya Jawab.
    Dalam presentasi tim, penting untuk merencanakan dan mempersiapkan diri untuk setiap pertanyaan. Sebelumnya, tentukan kategori pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap individu. Tentukan isyarat untuk membiarkan orang lain tahu jika ada yang harus ditambahkan.
  6. Penutup yang  Kuat.
    Penutupan memperkuat pesan dan mengakhiri presentasi dengan  kesan positif. Satu orang menutup presentasi, dan biasanya pemimpin tim yang melakukannya. Tekankan pada pesan utama dari presentasi Anda. Jika memungkinkan, berbaurlah dengan audience.
  7. Tim Debrief.
    Setelah presentasi kelompok, jadwalkan waktu bersama-sama untuk mengevaluasi kinerja tim. Pendekatan dalam meeting ini adalah untuk perbaikan berkelanjutan. Rayakan keberhasilan presentasi dan carilah cara untuk meningkatkan presentasi tim berikutnya.

***

Sumber: www.blog.dalecarnegie.com

Jakarta & Head Office

Jl. Paus No. 84 A
Jakarta Timur 13220
Phone: 021-489 2737
Fax: 021-489 6926


Send this to a friend

Isi form dibawah ini sebelum mengunduh
Mohon lengkapi form dibawah ini untuk mengunduh atau membaca material dari Dale Carnegie - GRATIS!
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Isi form dibawah ini sebelum mengunduh
Mohon lengkapi form dibawah ini untuk mengunduh atau membaca material dari Dale Carnegie - GRATIS!
NAMA
Hadir di Leadership series kota:
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
More in Blog
Resolusi Konflik di Tempat Kerja: 8 Kutipan dari Dale Carnegie yang Dapat Membantu Anda

Dale Carnegie memahami perbedaan antara sebuah diskusi dan sebuah argumentasi, khususnya ketika terjadi dalam resolusi konflik di tempat kerja. Beliau...

Close