Menjadi Pembicara Publik yang Efektif

January 8, 2014 9:57 am | Oleh Dale Carnegie Training Bandung
Dale Carnegie > Referensi > Artikel > Blog > Menjadi Pembicara Publik yang Efektif

1Mungkin Anda harus memberikan presentasi yang penting dalam beberapa waktu ke depan. Entah itu presentasi penjualan, laporan keuangan, proposal proyek, tugas kuliah, atau sekedar berbicara di depan sekelompok orang.Tetapi mungkin juga saat ini Anda tidak punya cukup banyak pengalaman bicara di depan publik, dan hanya dengan membayangkan bicara di depan sekelompok orang saja sudah membuat Anda merasa mual. Pertanyaannya adalah, apakah ada teknik yang dapat membantu Anda mengatasi rasa takut itu?

Sebenarnya, pembicara publik yang paling hebat sekalipun merasa gugup sebelum memberikan pidato-pidato penting. Beberapa perencanaan, bersama dengan aplikasi teknik-teknik yang sudah terbukti, akan membantu Anda agar dapat melakukan presentasi layaknya seorang profesional. Ikutilah beberapa langkah Dale Carnegie Training berikut dan Anda akan berada dalam jalur yang tepat untuk dapat mengirimkan pesan Anda secara efektif.

  1. Buat bagan untuk poin-poin utama. Organisasikan pemikiran-pemikiran Anda dalam bentuk bagan. Mengetahui kapan waktunya untuk mengatakan hal tertentu akan menolong Anda membuat transisi-transisi yang bagus dan menghindari repetisi.
  2. Kenali topiknya dengan baik. Ketika Anda mengerti apa yang Anda bicarakan, Anda mengirimkan pesan dengan lebih baik. Dengan cara ini, bila Anda lupa apa yang Anda ingin katakan, Anda bisa berimprovisasi.
  3. Jangan mengingat presentasi Anda kata per kata. Sebuah presentasi yang dihafalkan mungkin akan terdengar kaku. Untuk mengingat apa yang perlu Anda sampaikan, pecahkan seluruh presentasi ke dalam bagian-bagian dan tulislah poin-poin utama dalam kartu-kartu.
  4. Berlatih. Sebelum presentasi yang sesungguhnya, berlatihlah dengan seorang teman, di depan kaca atau bahkan rekam presentasi Anda sendiri. Berlatih dengan membayangkan di dalam kepala berbeda dengan menyebutkan kata-kata dengan keras. Ketika Anda berlatih Anda dapat membuat perubahan-perubahan pada presentasi sampai Anda merasa nyaman dan percaya diri dengan apa yang Anda katakan.
  5. Buat kontak mata. Ketika Anda membuat kontak mata, pendengar akan merasa diikutsertakan dalam kata-kata Anda. Jika melihat pendengar membuat Anda gugup, pilihlah objek-objek di atas kepala pendengar dan kadang-kadang pandanglah sekilas objek-objek tersebut. Para pendengar tidak akan mengetahui perbedaannya dan mereka akan merasa dilibatkan dalam presentasi Anda.

Dapatkan lebih banyak lagi tips untuk Menjadi Pembicara Publik yang Efektif di Dale Carnegie® Fundamental Leadership Program.

Jakarta & Head Office

Jl. Paus No. 84 A
Jakarta Timur 13220
Phone: 021-489 2737
Fax: 021-489 6926


Send this to a friend
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
Hadir di Leadership series kota:
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Read previous post:
3 Hal dari Pekerjaan di Bidang Kesehatan dapat Mengajarkan Kita tentang Apa Memotivasi Para Karyawan

Sebuah survei Dale Carnegie Training yang terbaru menemukan bahwa pegawai pemerintah kurang terlibat, secara keseluruhan, dibandingkan dengan karyawan dari industri...

Close