Cara Mencapai Sasaran Kerja melalui Motivasi Intrinsik

October 25, 2022 1:47 pm | Oleh Dale Carnegie Editor
Dale Carnegie > Referensi > Artikel > Artikel > Cara Mencapai Sasaran Kerja melalui Motivasi Intrinsik

Motivasi Intrinsik vs Ekstrinsik

Jika kita ingin memahami perbedaan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik, kita hanya perlu melihat akar kata. “Intrinsik” berasal dari bahasa Latin intrinsecus yang berarti “interior atau internal.” “Ekstrinsik” berasal dari bahasa Latin extrinsecus yang berarti “luar atau di luar.”

Ketika kita menerjemahkan ini ke dalam istilah motivasi, kita melihat bahwa motivasi intrinsik adalah keinginan yang datang dari dalam dan motivasi ekstrinsik adalah keinginan yang dimotivasi oleh sesuatu yang datang dari tempat lain. Dalam istilah ekonomi, motivator ekstrinsik dapat bekerja sebagai penguatan positif untuk perilaku yang baik, seperti memberikan bonus untuk prestasi dalam pekerjaan.

Tetapi dalam istilah psikologis, motivasi intrinsik pasti akan membawa Anda lebih jauh. Ini karena motivasi intrinsik (sedikit banyak) berada di bawah kendali individu. Motivator ekstrinsik seperti uang bisa hilang atau tidak ditawarkan lagi. Memiliki keinginan batin untuk melakukan sesuatu adalah cara yang lebih pasti untuk menyelesaikan sesuatu.

Tiga Pendorong Semangat Karyawan

Dalam studi Dale Carnegie, kami menemukan tiga pendorong utama semangat karyawan. Ketika pekerja merasa dihargai, percaya diri, dan diberdayakan, mereka cenderung berpikir kreatif dan menghasilkan ide-ide baru dan berguna untuk diubah menjadi inovasi. Pekerja kreatif mengambil inisiatif, bekerja lebih keras, dan memiliki motivasi batin yang mendorong mereka di tempat kerja.

Di perusahaan yang sangat kreatif, 64% karyawan sangat setuju bahwa manajer mereka membuat mereka merasa dihargai, 71% mengatakan mereka sangat setuju bahwa mereka merasa percaya diri dengan keterampilan mereka, dan 59% sangat setuju bahwa mereka diberdayakan untuk membuat keputusan di tempat kerja. Di perusahaan yang dianggap kurang kreatif, persentase tersebut jauh lebih rendah: masing-masing 17%, 29%, dan 15%.

Kreativitas sangat penting bagi perusahaan untuk terus tumbuh dan berinovasi. Namun dibutuhkan motivasi intrinsik yang kuat agar karyawan mau dan mampu berkreasi. Jadi, apa motivasi intrinsik di tempat kerja? Dan bagaimana itu terwujud?

Motivasi Intrinsik di Tempat Kerja

Manajer memiliki kekuatan untuk mempengaruhi motivasi intrinsik bawahannya. Dan ada banyak manfaat motivasi intrinsik di tempat kerja. Ketika karyawan termotivasi secara internal, manajer dapat melonggarkan pengawasan mereka dan mengizinkan pekerja untuk melanjutkan, mengetahui bahwa mereka dihargai, percaya diri, dan diberdayakan untuk melakukannya. Motivasi intrinsik di tempat kerja juga meningkatkan kreativitas yang mengarah pada inovasi yang lebih cepat dan lebih baik.

Menemukan Motivasi Intrinsik

Sebagai manajer, kita harus bertanya pada diri sendiri bagaimana meningkatkan motivasi intrinsik di tempat kerja. Langkah pertama adalah menemukan di mana letaknya dalam setiap karyawan. Anda dapat membantu karyawan:

  • Cari tahu mengapa mereka menetapkan tujuan tertentu dalam hidup mereka
  • Menemukan pekerjaan yang mereka sukai yang kemungkinan akan meningkatkan keterlibatan
  • Fokus pada menikmati proses daripada terikat pada hasil
  • Menumbuhkan kreativitas dengan membangkitkan rasa ingin tahu alami mereka

Memanfaatkan Motivasi Intrinsik

Dalam hal memanfaatkan motivasi intrinsik di tempat kerja, contohnya meliputi:

  • Menghubungkan “alasan bekerja” setiap karyawan dengan misi besar perusahaan
  • Menggunakan pengakuan dan penghargaan untuk membuat orang lain tetap termotivasi
  • Berfokus pada memberdayakan karyawan untuk membuat keputusan dan bergerak maju dengan ide-ide
  • Melatih karyawan dan memberikan pendidikan berkelanjutan sehingga setiap karyawan dapat merasa percaya diri dan tumbuh dalam posisinya

Sebagai manajer, kita harus bertanya pada diri sendiri bagaimana meningkatkan motivasi intrinsik di tempat kerja. Karena itu berasal dari dalam, cara-cara penghargaan eksternal tidak akan berhasil. Sebaliknya, ini tentang melibatkan karyawan dengan membuat mereka merasa dihargai, percaya diri, dan diberdayakan. Ini adalah pendorong sejati motivasi intrinsik. Ingin mempelajari lebih banyak rahasia untuk memotivasi karyawan? Bergabunglah dengan program Dale Carnegie hari ini.

 

Jakarta & Head Office

Jl. Paus No. 84 A
Jakarta Timur 13220
Phone: 021-489 2737
Fax: 021-489 6926


Send this to a friend
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
Hadir di Leadership series kota:
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Read previous post:
Cara praktis mengapresiasi tim yang bekerja di luar kantor (WfH)

Memberikan apresiasi adalah salah satu pekerjaan terpenting dari setiap pemimpin. Bagaimana Anda melakukannya pada karyawan yang sedang bekerja dari rumah...

Close