Keluarga Tangguh, Keluarga yang Gembira

June 11, 2017 11:44 pm | Oleh Lidwina Wahyu Widayati
Dale Carnegie > Referensi > Artikel > Blog > Keluarga Tangguh, Keluarga yang Gembira

Di masa kini berbagai tantangan dan masalah menghampiri kehidupan keluarga, tidak terkecuali para remaja. Banyak orang tua mengeluhkan bahwa para remaja semakin menutup diri dan tidak bisa diajak ngobrol. Di sisi lain banyak remaja yang mengeluhkan kurangnya perhatian dari orang tua.  Salah satu cara efektif untuk menjembatani komunikasi adalah dengan cara tertawa bersama. Bayangkan kita dapat berkumpul dan tertawa bersama anak-anak…  Maka manfaat yang dapat dirasakan oleh keluarga adalah:

“Salah satu cara efektif untuk menjembatani komunikasi adalah dengan cara tertawa bersama.”

  1. Suasana rileks dan lepas dari ketegangan. Suara tawa akan mengaktifkan hormon endorfin yang meredakan stress dan membawa ketenangan hati.
  2. Tertawa memberikan sinyal bahwa kita siap berteman dan membangun relasi yang menyenangkan dengan orang lain. Anak akan merasa bahwa ayah dan ibunya merupakan figur yang bersahabat dan “aman” untuk dijadikan
  3. Tawa merupakan tanda hubungan baik dan kesepakatan. Pembicara yang bisa membuat audiens tertawa akan lebih didengarkan idenya. Begitu pula di rumah, orang tua yang bisa membuat anaknya tertawa akan lebih didengar dan pesannya akan dipatuhi.
  4. Tertawa adalah bentuk perilaku yang mudah menular. Seperti halnya senyum dan menitikan air mata maka suara tawa akan mudah menular kepada orang lain. Orang lebih mudah tertawa saat bersama orang-orang lain, terutama orang yang dikenalnya. Dengan tertawa maka pikiran akan lebih jernih dan daya tahan tubuh akan meningkat, singkatnya: sehat jiwa dan raga.

Mari kita temukan situasi bersama anak yang dapat memancing tawanya, beberapa alternatif misalnya:

  • Bersama-sama menonton acara yang bermuatan humor, misalnya acara: stand up comedy, acara games yang lucu,sinetron dan talkshow yang bermuatan humor, video lucu dari Youtube atau sosmed.
  • Menyiapkan berbagai teka teki, tatarucingan istilah bahasa Sunda, dan melemparkan pada seluruh anggota keluarga untuk dijawab beramai-ramai.
  • Bermain bersama: main bola, main air, games seru di komputer, lomba lari, main kartu dengan suasana yang gembira.
  • Memiliki binatang peliharaan juga bisa mendatangkan suasana akrab dan gembira.

Bapak Ibu, masa remaja memang tidak mudah untuk dilalui, namun masa ini merupakan masa yang menentukan untuk anak kita menjadi manusia dewasa yang lebih baik. Selamat menjadi orang tua yang bersahabat, menarik dan menghibur (full entertain) untuk tetap membangun kedekatan dengan si remaja.

Bergabung dengan kelas Generation.Next untuk memaksimalkan potensi diri Anda.

Jakarta & Head Office

Jl. Paus No. 84 A
Jakarta Timur 13220
Phone: 021-489 2737
Fax: 021-489 6926


Send this to a friend
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
Hadir di Leadership series kota:
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Read previous post:
Menjalin Komunikasi Terbuka dengan Remaja

Saat seorang anak memasuki usia belasan, suasana rumah biasanya terasa berubah. Jika di masa kecil mereka terlihat ceria, senang bercerita,...

Close